toekanggrafis

Langkah Mudah “Meningkatkan Skill” Desain

Posted on: November 1, 2012

design: meningkatkan skill desain dengan lakukan desain setiap saat

Kita semua ingin ada peningkatan di bidang yang kita “geluti” sehingga kita dapat menawarkan yang lebih dan lebih kepada semua orang. Kita selalu ingin melihat perkembangan tidak hanya dalam karya-karya kita, tetapi juga sebagai pribadi. Kita mungkin tidak menyadari bahwa hal yang kita lakukan benar-benar bisa membuat kita lebih baik, kita harus berbuat lebih baik seiring berjalannya waktu.

Sebagai seorang desain grafis, penting untuk terus untuk “improve”. Seorang desainer yang terkenal pun dimulai seperti halnya Anda sekarang. Tapi mereka berhasil sampai ke puncak karena mereka terus memperbaiki dan mereka tidak pernah berhenti untuk mencari cara untuk menjadi desainer yang lebih baik. Harus ada kemauan dan keinginan dalam diri Anda untuk selalu bertujuan untuk lebih. Ada beberapa tips untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan sebagai desainer:

1. Membuat “project” desain Anda sendiri.
Mengasah kemampuan dan tidak pernah berhenti untuk terus mencoba. Tidak ada salahnya hasil “iseng” kita bisa menjadi galeri desain kita sendiri. Teruslah jangan berhenti otak atik desain, seperti membuat brosur, logo, banner, cover buku dan lain-lain. Simpan hasil kerja kita untuk menjadi sebuah galeri pribadi kita yang akan bermanfaat kelak.

2. Meningkatkan desain sebelumnya dan desain lain.
Selain membuat “project” Anda sendiri, Anda juga bisa lebih meningkatkan desain yang pernah Anda buat dan telah lama Anda buat. Untuk memastikan Anda masih memilikinya diarsipkan dalam hard drive Anda atau di CD atau DVD. Anda dapat melihatnya sekali-sekali dan menambahkan beberapa sentuhan yang akan membuatnya lebih unik. Anda juga dapat mencoba “improve” desain orang lain sehingga memiliki konsep desain yang sama sekali berbeda. Hal ini juga akan mempertajam kemampuan Anda. Anda bisa memiliki beberapa tambahan untuk portofolio Anda, juga.

3. Kumpulkan desain untuk inspirasi.
Anda bisa berselancar di dunia maya atau di majalah atau Anda mungkin menemukan sesuatu yang terlihat baik di sekitar Anda, jika menemukan hal-hal seperti ini maka segera disimpan. koleksi ini bisa membantu Anda saat menemukan kejenuhan dalam kreatifitas Anda, sehingga bisa memancing untuk menemukan sesuatu yang fresh.

4. Membuat blog sendiri dan baca blog mengenai desain dari blog orang lain.
Blogging adalah baik untuk membantu Anda mengekspresikan diri dan mempertajam keterampilan lain yang menulis. Anda benar-benar bisa mendapatkan begitu banyak informasi dan inspirasi dalam blog. Cobalah untuk mencari blog desainer di internet.

5. Terhubung dengan desainer lain dan belajar dari mereka.
Kenali desainer lain yang memiliki pengalaman lebih dari Anda dan orang-orang yang masih mulai seperti Anda. Anda dapat meminta saran dari mereka yang telah berada di lapangan lebih lama dan Anda dapat berbagi ide-ide baru dengan mereka yang masih baru memulai sebagai desainer. Anda dapat memiliki banyak teman melalui siapa saja, Anda dapat meminta nasihat dari seorang profesional ketika Anda membutuhkannya, melalui email dari blog-blog mereka, atau social media lainnya, atau juga Anda dapat menemui mereka di seminar-seminar desain.

6. Jadilah aktif dalam komunitas desain online.
Ada banyak komunitas desain online yang Anda bisa bergabung. Ini adalah suatu keharusan bagi para desainer, Anda bisa meminta masukan dan kritik dari desainer lain di seluruh dunia.

7. Memotret.
Untuk mengumpulkan contoh desain sebagai inspirasi, Anda bisa mengambil gambar desain yang mungkin terpasang atau ada di suatu tempat yang tidak bisa Anda beli atau Anda dapatkan. Memotret juga dapat mempertajam keterampilan fotografi Anda yang juga diperlukan untuk seorang desainer. Anda dapat mengambil gambar dari lukisan, bangunan, atau hanya sesuatu yang menarik dan memberikan Anda sebuah ide untuk mengerjakan sesuatu yang berbeda. Harapannya akan ada suplai ide baru di benak Anda.

8. Menghadiri seminar dan pelatihan.
Anda akan mendapatkan ide-ide desain baru dan pengetahuan jika Anda menghadiri seminar dan pelatihan desain. Selain belajar, Anda juga bertemu orang baru yang dapat Anda tambahkan ke jaringan Anda dan Anda juga akan mendapatkan sertifikat untuk portofolio Anda.

9. Memiliki koleksi buku desain.
Selain mengumpulkan desain, mengumpulkan buku-buku tentang desain, juga perlu. Ada penjualan buku di beberapa tempat di mana Anda dapat membelinya dengan murah. Misalnya buku bekas, isinya tetap akan memberikan suplai ide desain bagi Anda walau itu buku lama.

10. Belajar formal di jurusan desain.
Anda bisa pelajari perguruan tinggi atau lembaga terpercaya yang telah terbukti menelorkan desainer dengan hasil karya yang dahsyat.

11. Pelajari hal-hal baru.
Dalam hal ini, Anda bisa mencoba hal-hal lain di luar desain. Misalnya mencoba membuat kolam dan menikmati ikan-ikan yang warna warni. Menanam atau berkebun di taman mungil Anda dan lain-lain.

12. Mencoba membuat sketsa desain dengan pensil.
Sketsa adalah hal dasar dalam desain. Beberapa desainer bahkan membuat sketsa desain terlebih dahulu sebelum mengeksekusi di komputer. Hal ini dilakukan untuk memastikan mereka tidak akan melupakan ide yang didapatkan saat itu.

13. Jalan-jalan.
Perjalanan dapat menginspirasi Anda karena Anda telah melihat banyak hal-hal baru. Anda akan melihat karya seni yang akan memberikan Anda ide-ide baru untuk berkreasi.

Hal ini benar-benar tidak sulit untuk meningkatkan kemampuan desain Anda. Yang Anda butuhkan adalah kemauan, usaha, dan waktu untuk melakukan hal-hal tersebut. Ingatlah bahwa Anda yang akan sangat merasakan manfaat dari peningkatan ini. Jadi, memberikan yang terbaik dan menjadi desainer grafis yang terbaik!

from: http://naldzgraphics.net/tips/easy-steps-to-improve-your-graphic-design-skills/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

%d bloggers like this: